5.06.2012

PENGERTIAN ADMINISTRASI MENURUT PARA AHLI


1.  The Liang Gie (1992) dalam bukunya Administrasi Perkantoran Modern mengemukakan bahwa: Administrasi adalah segenap proses penyelenggaran dalam setiap usaha kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu.
2.      Mr. Utretcht (2000) dalam bukunya Pengantar Hukum Administrasi Indonesia mengemukakan bahwa: Administrasi adalah gabungan jabatan-jabatan yang dibawahi pimpinan pemerintah yang tidak ditugaskan kepada badan-badan pemerintah dari persekutuan-persekutuan hukum yang lebih rendah dari Negara.
3.      Achmad Ichsan, SH. (1992) dalam bukunya Tata Administrasi Kekaryawanan mengemukakan bahwa: administrasi diterjemahkan sebagai tata pelaksanaan dengan keterangan bahwa didalamnya tercakup pengertian dalam arti organization dan  management juga dalam arti tata hukumnya sedangkan pelaksanaan menunjukkan realisasi dalam melakukan tata tersebut.
4.    Prof. Dr. Prajudi Atmosudirjo (1994) dalam bukunya Mempertinggi Effisiensi Administrasi Keuangan Negara mengemukakan bahwa: administrasi sebagai tata pengendalian dari pada suatu usaha.
5.      Drs. Slamet Wijadi Atmosudarmo (1962) dalam bukunya Administrasi Negara  Sebuah Pedoman Kerja mengemukakan bahwa: administrasi merupakan suatu proses yang berupa kegiatan-kegiatan, pemikiran-pemikiran, pengaturan-pengaturan sejak dari penentuan tujuan sampai penyelenggaraan sehingga tercapainya suatu tujuan.
6.      Paul Mahieu (1996) dalam bukunya Pedoman untuk bendaharawan mengemukakan bahwa: administrasi merupakan pencatatan keterangan-keterangan secara tertulis agar kelak dapat dipergunakan.
7.  G. Kartasapoetra dan Ny. E. Roekasih (1967) dalam bukunya administrasi dan pelaksanaannya mengemukakan bahwa: administrasi merupakan suatu alat yang dapat dipakai menjamin kelancaran dan keberesan bagi setiap manusia untuk melakukan perhubungan, persetujuan dan perjanjian atau lain sebagainya antara sesame manusia dan atau badan hukum yang dilakukan secara tertulis.
8.  Soebarkah Putrohadiwirjo, BA (14-9-2010,  http://www.soebarkah. blogspot. com//) mengemukakan bahwa: administrasi adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pelaksanaan (penyelenggaraan) pekerjaan tata usaha yang telah ditetapkan berdasarkan kebijakan politik.

Berapa yang Melihat Web ini

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost