5.22.2012

Prinsip-Prinsip Komunikasi


Prinsip- prinsip komunikasi, salah satunya adalah dengan adanya Proses Komunikasi. Apakah biasanya yang tejadi jika suatu proses komunikasi sedang berlangsung? Berikut ini adalah beberapa contoh kejadian yang oleh hamper tiap orang dinyatakan sebagai komunikasi.
a.       Seorang anak kecil menagis di tengah malam mencari ibunya.
b.      Seorang penegendara mobil menyembunyikan tuter (klakson).
c.       Memepringatkan seorang pejalan kakai agar minggir.
d.      Nyala lampu lalu lintas berubah dari hijau ke merah.
e.       Seekor kucing mengeong karena ada kucing lain yang mau merebut ikan.

                        Dalam semua contoh di atas, pihak- pihak yang berpartisipasi atau dengan kata lain yang turut mengambil bagian dalam proses komunikasi, saling memanfattkan atau berbagi komunikasi. Unsur dasar dalam komunikasi adalah informasi.
                        Proses yang menadaar dalam komunikasi adalah penggunaan bersama atau dengan kata lain ada yang member informasi (mengirim) dan ada yang menerima informasi. Penggunaan bersama di sini tidak harus member dan yang menerima harus saling berhadapan secara langsung akan tetpai bisa melalui media lain, seperti  tulisan, isyarat, maupun yang berupa kode- kode tertentu yang bisa dipahami.
                        Kesimpulannya, bahwa dalam proses komunikasi, pihak- pihak peserta dalam komunikasi menciptakan pesan-pesan  yang berupa informasi bisa berbentuk pola, isyarat maupun symbol, dengan harapan akan mengutarakan suatu makna tertentu bagi peserta-peserta lain (penerima).

Berapa yang Melihat Web ini

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost